Operasi File

Juni 03, 2011

File adalah sebuah oraganisasi dari sejumlah record. Masing – masing record bisa terdiri dari satu atau beberapa field. Field terdiri dari satu atau beberapa byte. Dalam bahasa C membedakan operasi input/output file di disk dalam bentuk buffer ataupun file-file berpenyangga (buffered files) maupun file-file yang tidak berpenyangga (unbuffered files). Pengaksesan file pada C menggunakan konsep stream. Stream merupakan penghubung antara programmer dengan file. Sebuah stream terhubung dengan file melalui operasi open dan terputus dari file melalui operasi close.
Ada dua tipe stream yaitu TEXT (untuk tipe data karakter) dan BINER (untuk sembarang tipe data). Suatu file di disk dapat dibuka dengan fungsi pustaka fopen(). FILE *fopen(char *nama_file, char*mode). Jika operasi open berhasil, fopen() mengembalikan sebuah file pointer yang valid. Jika operasi gagal, maka fopen() mengembalikan sebuah null pointer, sehingga harus selalu dicek pada saat pembukaan file.
Dasar – dasar operasi file yang harus dipelajari dalam bahasa C diantaranya :

1. r : menyatakan file yang hanya dapat dibaca (file harus sudah ada)
2. w : menyatakan file yang baru akan dibuat (file yan gsudah ada dihapus)

membuka file : buka = fopen("contoh txt","r");
menutup file : fclose (buka)
menulis ke file yang dituju : fprint (buka,"bisa");
membaca dari file : fscan (buka,"%s",&simpan)
pengerahan handler : File *buka;

Masih bingung kan dengan keterangan singkat ini, nah ini ada contoh tentang operasi file untuk proram bubble short. Teman teman cari sendiri ya referensi tentang buble shortnya, hhe. . .

klik disini untuk mendownload file

Buat teman-teman semua jangan lupa sediakan dulu file data yang akan diurutkan dengan format file *txt atau *doc.

Oia jangan lupa tempat kalian save datanya ya, SELAMAT MENCOBA. . . . .

0 komentar: